Fitness, Cardio dan Crunch

Angkat beban selama 1 jam akan membakar kalori selama 24 – 60 jam.
Sedangkan Cardio biasa, jogging, sepeda, atau renang akan membakar kalori selama anda latihan + 2 jam setelah selesai latihan.

Mau pilih yg mana?

Disarankan Angkat beban 3 – 4 kali seminggu dimana setiap kali hanya boleh 40 – 70 menit saja, untuk mendapatkan hasil optimal pembakaran kalori. Kalau anda masih ingin cardio, disarankan lakukan intensive training cardio. Dengan melakukan intensive training selama 20 – 30 menit saja, pembakaran kalori nya 2 – 3 kali lipat dibanding anda melakukan cardio biasa selama 1 jam.

HIIT CARDIO (HIGH INTENSITY INTERVAL TRAINING)

Sebaiknya dilakukan di outdoor :

  • Stretching dan Pemanasan jogging untuk menaikkan detak jantung anda. Jangan sampai nafasnya ngos-ngosan.
  • Lalu lakukan lari sprint 100 m.
  • Lalu, 30-60 detik lari jogging biasa.
  • Ulangi lagi langkah ke 2 dan ke 3, dst.
  • 1 kali = lari sprint 100 m, 30-60 detik lari jogging biasa.
  • Pada awalnya, lakukan 3-4 kali dulu dan sekali seminggu, supaya tubuh terbiasa dulu. Nanti anda bisa tingkatkan secara bertahap.

Contoh Intensive Training lain : Naik-Turun Tangga, lari sprint, turun jogging biasa, Naik-Turun Bukit – Naik lari sprint, turun jogging biasa. Dengan mengikuti pola makan dan fitness, six-pack bisa didapatkan dalam hitungan bulanan bukan tahunan, tergantung berapa persentase kadar lemak anda pada saat memulainya.

Six-pack baru muncul setelah kadar lemak anda 10% atau dibawahnya untuk pria, dan 15% – 18% untuk wanita.

LAKUKAN CRUNCH UNTUK MELATIH PERUT PADA SETIAP AKHIR LATIHAN.

Disarankan melakukan CRUNCH 2-3 variasi dgn masing-masing 2 set pada setiap akhir latihan fitness. Anda tidak perlu melakukannya setiap hari, karena CRUNCH BUKAN UNTUK MENGECILKAN PERUT, tetapi untuk MEMBENTUK otot perut dan MELATIH otot perut. Selama lemak di perut masih ada, anda CRUNCH 10,000 kali pun six-pack tidak akan terlihat karena lemak di perut akan menutupi otot perut. Otot perut pun sama seperti otot lainnya perlu istirahat juga.

PERBEDAAN (Sit-up dan Crunch) :

  • Efektifitas crunch 2-3 kali lipat dibanding sit-up. Untuk melakukan crunch, jangan seperti dikejar polisi, tapi lakukan pelan dan pasti untuk setiap repetisi nya.
  • Sit-up dapat menyebabkan cedera pada pinggang, sedangkan crunch tidak.
  • Sit-up lebih condong untuk melatih otot paha, bukan otot perut kamu.

NOTE : Jangan lupa untuk terapkan HARI KARBO seminggu sekali (Bagi yg menjalankan pola makan Cutting / Fat-loss).

Share Button